Jumat, 17 Oktober 2014

WIREMESH/RANGKA KOLAM BUNDAR

Pembuatan wiremesh membutuhkan biaya yang cukup lumayan karena membutuhkan besi dan proses pengelasan yang cukup banyak titik. Tentunya dengan model ini akan memunculkan biaya tambahan, dan tentunya bagi lokasi yg tidak dekat bengkel las cukup merepotkan. Nah ini adalah salah satu alternatif solusi untuk menggantikan wiremesh yang baku :
1. Menggunakan bambu, dengan menancapkan bambu pada jarak 40 cm dengan posisi melingkar sesuai dengan ukuran kolam. Berikan ring/pengikat dengan bambu yang dibelah dan di ikat dengan kuat dengan menggunakan tali yang kuat atau kawat bendrat.
2. Penggunaan karpet talang sebenarnya sangat membantu untuk ukuran jarak ruji vertikal wiremesh yang lebar. Dengan menggunakan ruji vertikal ukuran 8mm, bisa cukup dengan jarak 40-50 cm, sehingga bila kolam dengan diameter 2 m hanya membutuhkan 13-15 batang. ring melingkar menggunakan besi cor ukuran 5 mm, dipasang 3 tempat, atas, tengah dan atas. sedangkan sela-sela bisa dibantu dengan tali tambang karet yang diikatkan melingkar. Dengan model ini bisa mengurangi biaya pengelasan, dan material rangka.
3. Jangan khawatir kolam tidak kuat, inilah kelebihannya untuk kolam bundar, dengan distribusi tekanan yang merata bisa cukup menghemat rangka penyangga dinding. ring kawat besi 5 mm sangat memadai menjaga tekanan unuk ukuran diamter 2 m bahkan yang lebih panjang lagi (5 m).
4. Model pada no 2 telah di aplikasikan dengan penampakan seperti ini (nunggu diedit dulu ya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar