Minggu, 12 Oktober 2014

BAKTERI DALAM PERIKANAN

Banyak peneliti dan praktisi mengklaim keberhasilan mereka dalam budidaya perikanan dengan sistem biofloc, meskipun belakangan ini muncul statement yang berbeda yan g kontra dengan konsep biofloc. Apapun sistem nya, dalam konsep budidaya intensif pasti melibatkan bakteri untuk menjaga kondisi lingkungan kolam yang cocok untuk hidupnya ikan, dan menekan FCR ikan. Teknologi budidaya sangat berkembang pesat, pemakaian teknologi probiotik (bakteri bermanfaat) sangat berguna dalam menunjang berkembangnya teknologi budidaya perikanan air tawar.
Beberapa macam bakteri bermanfaat tersebut antara lain :
- Lactobactilus sp
- Baccillus sp
- Nitrosomonas
- Jenis acetobacter (membentuk gumpalan misalnya nata decoco) sehingga baik dalam aplikasi biofloc
- Beberapa jenis ragi tempe/tape/roti
Beberapa praktisi memproduksi nitrobakter yang sangat efektif untuk menjaga lingkungan kolam agar tetap baik.
Beberapa praktisi menambahkan, semakin kaya jenis bakteri bermanfaat dalam ramuan probiotik semakin baik, karena masing-masing bakteri mempunyai kesesuaian terhadap kondisi lingkungan dimana mereka tinggal. Bakteri yang kebetulan tidak sesuai memenuhi syarat perkembangbiakan dan pertumbuhannya akan mengalami dormasi (mati suri), dan akan bangkit saat kondisi lingkungan cocok.
Nah dari dasar ini, pengkayaan jenis bakteri menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam budidaya perikanan baik model sistem green water ataupun biofloc. Bebberapa sumber bakteri yang bisa menjadi ramuan probiotik antara lain :
- Cacing, banyak mengandung nitro bacter, disamping punya hormon tiroksin dan auksin yang berguna untuk pertumbuhan  dan imunitas.
- bekicot/keong/kerang,
- Akar-akaran tumbuhan air yang mudah tumbuh, misalnya eceng gondok.
- Azola microfila, yang perakarannya juga mampu mengikat nitrogen langsung dari udara oleh bantuan bakteri jenis tertentu.
- Akar kacang-kacangan, juga kaya dengan nitrobacter
- Dedak/bekatul, mengandung bakteri yang berwarna kemerahan (biasa untuk aplikasi biofloc),
- Usus ikan segar, mengandung bakteri yang ada pada usus ikan yang bermanfaat untuk pencernaan. jangan ikan yang sudah mati sebelumnya, dikhawatirkan bakteri sudah mati, dan mungkin sudah ada bakteri pembusuk lain.
- vitamin dan hormon dari ektrak buah2an dan empon2 (rempah)
Pada posting sebelumnya telah disebutkan cara pemakaian bahan-bahan diatas dalam pembuatan probiotik sendiri. Nah paparan diatas adalah alasannya mengapa bahan2 tersebut sangat baik untuk pembuatan probiotik.

1 komentar: