Selasa, 15 Juli 2014

CACING TANAH BANYAK MANFAAT



Cacing tanah memiliki kandungan protein lebih tinggi yaitu mencapai 76 persen. Binatang ini juga dikenal sebagai santapan lezat bagi ikan. Sehingga praktis cacing tanah bisa menjadi sumber nutrisi (protein) alami bagi ikan pada budidaya perikanan organik. Dengan pengelolaan yang baik, cacing tanah dapat diupayakan untuk pakan utama budidaya perikanan dengan mamanfaatkan sampah sebagai media budidaya. Dengan demikian, budidaya cacing tanah praktis membutuhkan ongkos yang sangat rendah, dengan nilai kemanfaatan yang sangat tinggi. Bahkan bila dibandingkan dengan makanan pellet komersial memberikan keuntungan secara finansial karena rendahnya biaya produksi.

Hasil limbah cacing yang berupa casting (vermikompos) mengandung 13,88 persen humus dan 1,68 persen nitrogen. Material melampaui batas subur yang diharapkan pada standar nasional. Hal ini bisa menjadi salah satu alternatif sumber produksi pupuk organik yang sangat luar biasa. Vermikompos ini sangat lebih subur dari material pupuk kompos kebanyakan.

Cacing tanah ternyata memiliki kegunaan lain. Binatang ini dikenal bisa dipakai sebagai penyembuh penyakit tipus. Caranya, dengan mengeringkan cacing dan menumbuknya hingga halus. Hasil tumbukan kemudian dimasukkan ke dalam kapsul lalu dimakan. Selain itu, ramuan herbal dengan bahan dasar cacing juga mampu meningkatkan kejantaan pria, sehingga sangat berguna untuk meningkatkan vitalitas dan kesuburan bagi wanita.



Kandungan nutrisi cacing masih lebih baik dibanding dengan daging dan sangat bersaing dengan ikan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar